Wagub Kalteng yakin Forsesdasi sarana strategis rumuskan kebijakan nasional

Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) menjadi sarana strategis bagi para sekda untuk berpartisipasi dalam perumusan kebijakan di tingkat nasional.

“Perumusan dalam kebijakan nasional dimaksud, yakni khususnya yang berkaitan dengan pemerintah daerah,” kata Edy di Palangka Raya, Kamis.

Melalui Forsesdasi, para sekda bisa membahas lebih lanjut kebijakan-kebijakan yang diperlukan serta dianggap strategis untuk daerah kepada pusat, baik pada sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, serta lainnya.

“Melalui forum ini agar bersama-sama menyatukan langkah dan pemikiran dalam menyejahterakan masyarakat,” ajak Edy.

Menurut dia, sekda memiliki posisi dan peran sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sekda bertugas membantu kepala daerah menyusun kebijakan, mengoordinasikan pelaksanaan tugas, hingga pelayanan administrasi.

Apalagi pada 2024 mendatang, akan dilaksanakan pesta demokrasi serentak di seluruh wilayah Indonesia, yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, kepala daerah maupun legislatif.

Untuk mendukung kelancaran pesta demokrasi, perlu dipersiapkan sarana prasarana memadai dan didukung ketersediaan anggaran maupun pendanaan dari masing-masing pemerintah daerah, sehingga pemilihan umum serentak terlaksana dengan baik dan lancar.

“Saya mengimbau kepada kita semua menyukseskan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah agar berjalan tertib, aman, dan lancar,” ucapnya.
Pria yang pernah menjadi Bupati Pulang Pisau ini juga menyampaikan, bagi para aparatur sipil negara agar menjaga netralitas dan menjalankan perannya sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Adapun pada hari ini, dirinya mengukuhkan Pengurus Komisariat Wilayah Forsesdasi Kalteng periode 2021-2024. Pengukuhan berlangsung di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur Kalteng.

Jajaran pimpinan diisi Sekda Palangka Raya selaku ketua, Sekda Katingan selaku wakil ketua, Sekda Kapuas selaku Sekretaris Umum, serta para sekda lainnya untuk berbagai posisi serta anggota. (Ant)