Wagub Kalteng: Sampaikan Kepada Anak-Anak Pentingnya Jasa Para Pahlawan

Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan pentingnya bagi anak-anak di sekolah untuk diperkenalkan dengan sosok para pahlawan.

“Kita kembangkan, kita sampaikan kepada anak-anak sekolah pentingnya jasa para pahlawan di Kalimantan Tengah,” tegasnya di Palangka Raya, Rabu.

Menurutnya hal ini perlu dilakukan, sehingga diharapkan adanya jiwa nasionalis patriotisme dari generasi muda yang ada di provinsi setempat.

Hal ini ia sampaikan saat upacara dam ziarah tabur bunga Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 tingkat provinsi di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, Palangka Raya.

Lebih lanjut Edy juga mendorong agar generasi muda yang ada di Kalteng terus memacu diri meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki, agar dapat terus bersaing serta mengukir prestasi.

Termasuk sebagai upaya peningkatan partisipasi diri dalam pelaksanaan pembangunan daerah, sesuai kemampuan atau bidangnya masing-masing.

“Kami harapkan generasi muda terus berinovasi dan kreatif dalam mengisi pembangunan yang ada di Kalteng,” jelasnya yang pernah menjadi Bupati Pulang Pisau tersebut.

Ia pun mengingatkan peran pemuda sangatlah penting dalam mengisi pembangunan. Selain itu, Wakil Gubernur Kalteng ini mengimbau semua pihak bersatu tanpa membedakan antara satu dan lainnya, baik dari suku, agama, ras dan golongan.

Sementara itu upacara ziarah dan tabur bunga dilaksanakan sebagai tanda penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah berjuang dan bersatu mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur oleh seluruh peserta dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, serta peletakan karangan bunga.

Kemudian prosesi upacara berlanjut dengan pembacaan doa dan diakhiri tabur bunga oleh seluruh rombongan ziarah di atas makam para pahlawan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda, Penjabat Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin, serta para kepala perangkat daerah lingkup provinsi.(Ant)