Komisi III DPRD Barsel pastikan pantau perkembangan realisasi pembangunan

Buntok – Komisi III DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah memastikan akan meninjau untuk mengawasi secara teliti perkembangan pelaksanaan program sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat, khususnya instansi yang merupakan mitra kerja komisi tersebut.

“Dalam waktu dekat ini kami akan melaksanakan peninjauan terkait pelaksanaan program tahun 2022 yang dilaksanakan mitra kerja. Peninjauan bersama sejumlah SOPD ini dilakukan dalam upaya melihat secara langsung bagaimana pelaksanaannya,” kata Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes usai memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, dalam RDP yang telah dilaksanakan dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan RSUD Jaraga Sasameh Buntok, sejumlah program kerja di tahun 2022 ini sedang berjalan.

“Berdasarkan informasi yang didapatkan dalam RDP ini, pelaksanaan program 2022 itu khususnya Dinas Pendidikan sudah berjalan dengan baik. Begitu juga dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Jaraga Sasameh Buntok,” ucap Hermanes.

Pihaknya tetap melakukan pemantauan guna melihat secara langsung, supaya apabila ada terjadi kendala di lapangan bisa diselesaikan dengan baik.

“Peninjauan ini juga dilakukan untuk menjalankan tugas selaku anggota dewan yang salah satunya dalam bidang pengawasan,” kata dia.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu juga menyampaikan, dalam peninjauan di lapangan itu juga pihaknya akan melakukan kunjungan ke sejumlah perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Barito Selatan ini.

“Kunjungan itu untuk berkoordinasi agar pihak perusahaan nantinya melakukan medical check up atau pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh bagi karyawannya di RSUD Jaraga Sasameh Buntok,” terangnya.

Dikatakannya, koordinasi ini penting dilakukan dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Barito Selatan melalui pemeriksaan kesehatan karyawan perusahaan.

Acara Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang berlangsung di ruang rapat komisi tersebut dihadiri sejumlah anggota dewan dan Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan serta Direktur RSUD Jaraga Sasameh Buntok. (Ant)