Kodim 1016 Palangka Raya Bedah Rumah Warga Tak Layak Huni

Palangka Raya – Kodim 1016 Palangka Raya (1016/Plk) melaksanakan program karya bakti berupa bedah rumah milik seorang warga di Kelurahan Pahandut Seberang, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah yang tidak layak huni.

“Karya Bakti kali ini kita laksanakan dengan sasaran rumah milik ibu Armah, warga RT 03, kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut,” kata Perwira Seksi Teritorial Kodim 1016 Palangka Raya Mayor Inf M Syafi’i di Palangka Raya, Selasa.

Seat pelaksanaan program karya bakti tersebut dia menerangkan pelaksanaan bedah rumah itu dilakukan dengan cara gotong-royong bersama sejumlah pihak yang terlibat. Diantaranya seperti unsur Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut dan juga masyarakat setempat.

Syafi’i menambahkan, program Karya Bakti TNI dan Bakti Sosial bedah rumah tidak layak huni merupakan program kerja tahunan dalam rangka kegiatan teritorial Tahun Anggaran 2021 bertajuk “Bakti TNI dalam rangka memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat”.

Dia menambahkan bahwa sasaran program Karya Bakti bedah rumah tidak layak huni sendiri difokuskan pada rumah-rumah warga yang masuk kategori masyarakat kurang mampu.

Sementara itu rumah yang menjadi sasaran program Karya Bakti Kodim 1016 Palangka Raya itu berada di wilayah bantaran sungai, berupa rumah panggung dan terbuat dari kayu.

Sebagian besar bangunan itu lapuk termakan usia sehingga cukup membahayakan penghuni rumah atau para tamu dan warga yang berada di rumah tersebut.

Sebagian atap juga bocor sehingga akan sangat mengganggu penghuni rumah terlebih sejak beberapa hari ini wilayah “Kota Cantik” Palangka Raya juga diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Sasaran utama adalah warga yang kondisi rumahnya benar-benar masuk kategori perlu dibedah. Dengan adanya program ini diharapkan warga bisa menempati rumahnya dengan layak, sehingga kemanunggalan TNI bersama rakyat bisa terbina semakin erat,” demikian Syafi’i.(Ant)