Dinkes Barito Utara Sosialisasikan Imunisasi Dunia 2022

Muara Teweh – Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan sosialisasi Imunisasi Dunia 2022 melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal Batara FM di RSPD Muara Teweh.

Dalam pelaksanaan sosialisasi Imunisasi Dunia 2022 tersebut Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo didampingi Kepala Seksi Surveilans, Imunisasi Kesehatan Haji dan KLB pada Dinkes Basirun memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait imunisasi.

“Sosialisasi ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan informasi serta mengajak seluruh masyarakat agar dapat menyukseskan kegiatan imunisasi baik imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan untuk anak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Siswandoyo saat wawancara di RSPD Muara Teweh, Jumat.

Adapun tema yang diusung yaitu “Sehatkan Keluarga Lewati Pandemi Dengan Imunisasi Lengkap”.

Menurut Siswandoyo, pentingnya imunisasi bagi masyarakat khususnya imunisasi dasar lengkap pada bayi dan anak agar terhindar dari berbagai macam penyakit terutama yang dapat menular dan dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

“Untuk itu mari kita sukseskan program imunisasi baik pada bayi maupun anak, sehingga tercipta kekebalan yang dapat melindungi anak dari berbagai serangan penyakit terutama yang menular,” kata dia.

Siswandoyo juga mengatakan agar masyarakat segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat, karena vaksin untuk imunisasi sudah tersedia di fasilitas-fasilitas kesehatan yang berada di wilayah Kabupaten Barito Utara, baik itu Pustu, Posyandu, puskesmas, maupun Rumah Sakit.

“Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di daerah ini agar menyukseskan vaksinasi COVID-19 baik bagi anak-anak-anak, dewasa, maupun lanjut usia (lansia),” kata Siswandoyo.

Untuk wilayah Kabupaten Barito Utara sendiri secara kumulatif masih tetap tercapai sesuai target sasaran meskipun di masa pandemi dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan.

Masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena pandemi COVID-19 masih terjadi sehingga penularan virus mematikan ini tetap harus diwaspadai. (Ant)