Legislator Gumas: PPL Kerja Keras Dampingi Petani

Kuala Kurun – Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari
meminta kepada penyuluh pertanian lapangan (PPL) agar bekerja keras dalam mendampingi petani, supaya petani berhasil.

“PPL merupakan ujung tombak keberhasilan program di bidang pertanian. Saya harap mereka bekerja keras, memberi pendampingan kepada petani,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Saat ini Bupati dan Wakil Bupati Gumas memiliki berbagai program unggulan, salah satunya Smart Agro atau pertanian yang unggul, dengan komoditas unggulan yakni jagung hibrida.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini yakin jagung hibrida akan berhasil jika petani bekerja keras dan tentunya dengan didukung oleh tenaga-tenaga yang handal, salah satunya dukungan dari PPL.

Oleh sebab itu, wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini berharap PPL tetap bekerja keras dalam memberi pendampingan kepada petani.

“PPL telah ditempatkan di desa/kelurahan. Saya harap mereka benar-benar mendampingi petani, agar petani kita bisa menjadi petani yang mandiri,” tutur perempuan kelahiran Kuala Kurun ini.

Lebih lanjut, pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini sedikit banyak mempengaruhi berbagai program yang dijalankan oleh pemkab, termasuk Smart Agro. Walau demikian, dia yakin dengan menempatkan orang-orang yang handal program tersebut tetap akan berhasil.

Iceu menyatakan bahwa dirinya mendukung penuh Pemkab Gumas dalam menjalankan program Smart Agro, karena program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani serta menciptakan ketahanan pangan.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan bahwa berdasarkan hasil analisa usaha tani, budidaya jagung hibrida merupakan usaha tani yang menguntungkan.

Oleh sebab itu, petani diminta serius dalam menggeluti budidaya jagung hibrida.

Saat ini pengembangan jagung hibrida sudah dijalankan secara baik di beberapa poktan di wilayah Gumas, salah satunya Poktan Sejahtera di Kecamatan Kurun. Petani Gumas diharap dapat mencontoh budidaya jagung di poktan yang sudah berjalan baik. (Ant)