Pemkab Kotim Raih Penghargaan APE Untuk Pertama Kali

Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah untuk pertamakalinya merah penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

“Ini yang saya minta. Kita mampu berprestasi meski tidak ada anggaran tapi bisa berprestasi. Saya bangga dan berharap ini terus ditingkatkan,” kata Bupati Halikinnor di Sampit, Kamis.

Halikinnor didampingi Wakil Bupati Irawati dan pejabat lainnya menerima piala penghargaan APE yang diserahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kotawaringin Timur, Ellena Rosie.

Anugerah Parahita Ekapraya adalah penghargaan yang diberikan kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang telah berkomitmen mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Halikinnor menilai, capaian ini sangat menggembirakan karena menjadi pengakuan pemerintah pusat terhadap komitmen Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dalam hal kesetaraan gender.

Dia mendukung Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana terus membuat terobosan dan ide-ide dalam mengoptimalkan kinerja.

“Kegiatan instansi ini luas dan tupoksinya banyak. Perlu pemikiran dan ide-ide cemerlang. Terkait anggaran untuk program ini, nanti kita programkan. Tim anggaran akan lihat mana yang urgen karena kalau bicara anggaran pasti tidak akan cukup,” jelas Halikinnor.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kotawaringin Timur, Ellena Rosie menjelaskan, ada tujuh kategori penilaian dalam penghargaan ini yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia dan anggaran, alat analisis gender, data gender serta partisipasi masyarakat.

“Ini pertamakalinya Kotawaringin Timur meraih penghargaan ini. Mudah-mudahan prestasi ini bisa terus kita tingkatkan. Kami berterima kasih atas dukungan semangat pihak sehingga kita berhasil meraih prestasi membanggakan ini,” ujar Rosie.

Selain Kotawaringin Timur, daerah lainnya di Kalimantan Tengah yang juga mendapatkan penghargaan ini adalah Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Kotawaringin Barat, Lamandau dan Murung Raya.

Penghargaan ini menjadi suatu penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah.

“Diharapkan ke depannya untuk kita berkesinambungan. Kita harus mempersiapkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi untuk dua tahun berikutnya,” demikian Rosie. (Ant)