Erick Thohir Sebut 46 Pesantren Sudah Dapat Pertashop

Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan sudah ada 46 pesantren yang mendapatkan Pertashop pada September.

“Alhamdulillah sudah banyak pesantren, kemarin pada bulan ini saja sudah ada 46 pesantren yang mendapatkan Pertashop,” ujar Erick Thohir dalam diskusi daring “Bangkit Bareng” di Jakarta, Selasa.

Menurut Erick, Pertashop sendiri coba dikerjasamakan dengan pesantren-pesantren yang ekonominya terpuruk, dengan tujuan supaya pesantren bisa mandiri.

“Ini kita akan terus galakkan sampai dengan 10.000 Pertashop, kita berharap ada 1.000-2.000 pesantren yang menjadi mitra,” katanya.

Erick Thohir ingin mendorong keseimbangan ekonomi. Ia tidak mau pada saat ini di masa COVID-19 yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin, tetapi harus ada intervensi dari semua pihak yakni keberpihakan.

“Dan juga pengusaha daerah yang selama ini juga tertekan karena adanya COVID-19. Kita harus terus menciptakan wirausahawan baru,” kata Erick.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan pembangunan 10.000 unit pengisian BBM kendaraan skala kecil atau Pertashop oleh PT Pertamina (Persero) dalam tiga tahun ke depan adalah untuk membantu penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Erick Thohir mengatakan untuk mempercepat pencapaian target tersebut Pertamina bekerja sama dengan pesantren dan pengusaha daerah.

Pertamina terus berkomitmen menghadirkan energi berkualitas secara merata hingga penjuru negeri. Komitmen tersebut diwujudkan melalui Pertashop, yaitu lembaga penyalur BBM, elpiji, dan produk Pertamina lainnya dalam skala kecil, utamanya untuk masyarakat pedesaan yang belum tersedia SPBU.

Pjs Senior Vice President Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan ada 2.901 Pertashop tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang sudah dan siap beroperasi untuk menghadirkan energi. (Ant)