Terpilih Jadi Ketua KONI Kotim, Ini Janji Achyar

Sampit – Achyar Umar terpilih secara aklamasi menjadi ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah periode 2019-2023.

“Ini kepercayaan dan tanggung jawab besar. Saya akan menjalankan amanah ini sebaik-baiknya. Olahraga ini dunia saya. Saya akan melakukan yang terbaik untuk kemajuan olahraga Kotawaringin Timur,” kata Achyar di Sampit, Sabtu.

Achyar terpilih menggantikan ketua sebelumnya, Halikinnor melalui Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) IV KONI Kotawaringin Timur di Sampit. Sempat ada dua nama figur lain yang muncul namun kemudian tidak memenuhi syarat untuk dicalonkan karena keduanya tidak hadir serta jumlah dukungan tidak mencukupi.

Tanda-tanda akan terpilihnya Achyar sudah terlihat sejak awal pembukaan acara. Saat Bupati H Supian Hadi menantang tokoh yang berniat mencalonkan diri menjadi ketua untuk berdiri, ternyata hanya Achyar yang berani berdiri menunjukkan keseriusannya.

Saat berpidato usai ditetapkan sebagai ketua umum terpilih KONI Kotawaringin Timur, Achyar menyampaikan berbagai target yang ingin dicapai selama periode kepemimpinannya. Salah satunya adalah memperjuangkan agar Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah pada tahun 2022 nanti.

Dia menargetkan sukses ganda yang akan diraih. Selain sukses menjadi tuan rumah yang dapat menyelenggarakan Porprov dengan sukses dan lancar, Achyar juga menargetkan Kotawaringin Timur bisa meraih juara umum dalam event empat tahunan tersebut. Saat Porprov XI di Kabupaten Barito Utara tahun 2018 lalu, Kotawaringin Timur menjadi juara III.

Melalui kepengurusan solid yang dibentuk nantinya, pihaknya akan mendorong dibentuknya kepengurusan cabang olahraga yang belum dimiliki, seperti renang, sepatu roda, softball dan lainnya. Dia juga mendukung pemerintah daerah membangun venue cabang olahraga tersebut.

Untuk mengukur kemampuan dan menambah pengalaman atlet, KONI Kotawaringin Timur akan menggelar event olahraga setiap bulan. Kegiatan itu juga sekaligus untuk mendukung tekad pemerintah menjadikan daerah ini menjadi tujuan wisata di Kalimantan Tengah.

“Atlet putra daerah akan diprioritaskan. Pembinaan dengan mengirim atlet lokal ke daerah lain akan dilakukan, namun dengan syarat atlet tersebut sudah memiliki prestasi, minimal di tingkat provinsi,” jelas Achyar.

Pria yang memutuskan pensiun dini dari Polri itu berjanji akan menciptakan iklim kondusif dan kekompakan dalam KONI dan seluruh cabang olahraga. Dia berharap langkah tersebut didukung semua pihak, termasuk pemerintah daerah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor menyambut positif terpilihnya Achyar Umar sebagai ketua umum KONI Kotawaringin Timur. Dia berharap pengurus baru bisa membawa dunia olahraga di daerah ini semakin maju dan menjadi barometer prestasi olahraga Kalimantan Tengah.

“Saya yakin kepengurusan baru akan lebih optimal dan mampu membawa dunia olahraga Kotawaringin Timur makin maju. Saya tahu Pak Achyar sangat serius dan total dalam pembinaan olahraga,” kata Halikinnor yang baru mengakhiri tugasnya sebagai ketua umum KONI Kotawaringin Timur.

Tim Formatur diberi kesempatan selama dua pekan untuk menyusun kepengurusan. Kepengurusan KONI Kotawaringin Timur diperkirakan banyak berubah karena tidak diperkenankannya lagi pejabat publik menjadi pengurus KONI. (Ant)