Pemprov Alokasikan Dana Rp39,2 Miliar Untuk Pembangunan Barut

Muara Teweh, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada 2019 mengalokasikan dana sebesar Rp39,2 miliar untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Barito Utara.

“Ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah provinsi terhadap pembangunan diseluruh kabupaten/kota di Kalteng,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran pada puncak Hari Jadi ke-69 Kabupaten Barito Utara di Arena Tiara Batara Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, alokasikan anggaran itu antara lain untuk peningkatan Jalan Kilometer 34 Muara Teweh – Mampuak Kecamatan Teweh Timur(multiyears) sebesar Rp 9,8 miliar. Kemudian peningkatan Jalan Mampuak–Simpang Benangin (multiyears)  Rp9,4 miliar.

Selain itu peningkatan Jalan Km 34 Muara Teweh–Mampuak dan peningkatan Jalan Mampuak–Simpang Benangin masing-masing Rp5,9 miliar. Disamping itu ada program pembangunan dan rehab rumah ibadah Rp7,3 milia, serta program rehabilitasi dan peningkatan Jalan inspeksi pada daerah irigasi Tanrahean Kecamatan Teweh Selatan Rp750 juta.

“Untuk itu mari bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab dan senantiasa menjaga amanah yang telah diberikan masyarakat. Bekerja secara profesional dan penuh integritas, selalu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, untuk terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Kabupaten Barito Utara. Jadikan momentum Hari Jadi ke-69 ini untuk membangun semangat baru dan selalu mengedepankan kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Barito Utara,” ujarnya.

Sementara Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan peringatan Hari Jadi ke-69, seyogyanya dilaksanakan pada 29 Juni 2019, akan tetapi mengingat pada bulan Juni yang lalu umat muslim melaksanakan ibadah bulan puasa sekaligus cuti bersama lebaran.

“Maka dengan tidak mengurangi rasa khitmad kami pada acara penting ini, maka kami menetapkan puncak acara peringatan Hari Jadi ke 69 kabupaten Barito Utara yaitu pada hari Senin tanggal 29 Juli 2019,” kata Nadalsyah.

Dia mengatakan, melihat usia Kabupaten Barito Utara yang kini sudah memasuki usia ke-69 dan seiring dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat yang semakin komplek akan pembangunan di berbagai bidang.

Ternyata, kata dia, semakin banyak yang harus dibenahi, diperbaiki dan dibangun untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Barito Utara ke arah yang lebih baik lagi, dan tentunya dengan tetap memperhatikan aspek-aspek efesiensi dan efektifitas serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan itu juga bupati yang akrab disapa H Koyem ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada mantan bupati, mantan sekda dan mantan para pejabat Barito Utara yang dahulu telah melaksanakan pembangunan sekaligus berhasil metekakan dasar-dasar pembangunan di Kabupaten Barito Utara.

“Saat ini kami telah mendapatkan beberapa kemudahan untuk terus melanjutkan pembangunan di daerah ini. Semoga semua karya bakti pada pejabat sebelumnya mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda dari Allah SWT,” kata H Koyem.

Lebih lanjut H Koyem mengatakan melalui momentum hari jadi ini , dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat Barito Utara untuk bersama-samamensukseskan pembangunan disegala bidang untuk mewujudkan mamsyarakat Barito Utara yang religius, mandiri dan sejahtera, melalui percepatan peningkatan pembangunan dibidang SDM, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

“Dan Alhamdulillah capaian kinerja laporan keuangan pemerintah kabupaten Barito Utara tahun 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018 berhasil meraih dan mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kelima kalinya dari BPK RI perewakilan Kalteng. Hal ini diperoleh melalui kerja keras seluruh jajaran Pemkab barito Utara, DPRD, dan FKPD Barito Utara,” demikian Nadalsyah.

Acara syukuran Hari Jadi ke-69 Kabupaten Barito Utara ini dihadiri mantan Bupati A Dj Nihin,  Achmad Yuliansyah dan dihadiri pejabat dari Provinsi Kalteng, sejumlah bupati di Kalteng. (Ant)