Pemkab Kotim Diminta Tingkatkan Fasilitas Kesehatan

Sampit – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rimbun meminta pemerintah kabupaten setempat untuk terus meningkatkan fasilitas kesehatan di daerah itu.

“Fasilitas kesehatan harus menjadi skala prioritas dalam pembangunan, dan mendapatkan anggaran secara khusus setiap tahunnya,” katanya di Sampit, Senin.

Menyediakan pelayanan kesehatan yang layak terhadap masyarakat merupakan menjadi tugas dan kewajiban pemerintah. Untuk itu, pemerintah daerah harus menyediakan anggaran dalam peningkatan pelayanan kesehatan di daerah.

“Selama ada anggaran, kami DPRD akan selalu mendukung peningkatan infrastruktur kesehatan, karena hal tersebut memang sebuah kebutuhan yang wajib dipenuhi,” ungkapnya.

Dikatakannya dengan mendapatkan perhatian serius dan anggaran secara khsus diharapkan pembangunan di sektor kesehatan bisa lebih cepat serta tepat sasaran.

“Memang kita akui sarana kesehatan itu masih banyak yang kurang. Namun setidaknya dengan setiap tahun ada pembangunan, baik itu Pustu maupun Puskesmas, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan,” tambahnya.

Menurut Rimbun, keberadaan sarana kesehatan ini sangat penting. Terutama di setiap kecamatan.

“Memang rata-rata Puskesmas yang ada di kecamatan melayani rawat inap. Namun kami harapkan sarana yang ada sekarang bisa terus ditingkatkan, seperti di Cempaga, Cempaga Hulu, dan Kota Besi,” terangnya.

Dengan begitu, pasien yang dirawat bisa merasa nyaman. Selain itu, sarana kesehatan saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

“Kalau pelayanan kesehatan ada di tiap kecamatan tentu akan lebih memudahkan masyarakat. Dan jika bisa ditangani di Puskesmas kenapa mereka harus ke rumah sakit?,” ucapnya.

Diungkapkan Rimbun, jika sarana kesehatan di Puskesmas sudah memadai, masyarakat akan memanfaatkannya. Sebab masyarakat tentunya tidak ingin repot dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. (Ant)